Loading...

Wanita Ini Jalani Operasi Berbahaya


eorang wanita asal Massachusetts, AS menderita kelainan langka yang membuat tubuhnya tumbuh dengan lengan yang pendek. Hal ini membuat penampilannya terlihat seperti cebol. Untuk memanjangkan tangannya, ia menjalani operasi yang berbahaya.

Tiffanie DiDonato (32 tahun) dilahirkan dengan gangguan yang disebut dysplasia diastrophic, yaitu suatu bentuk dwarisme yang jarang. Kelainan ini membuat tubuhnya tumbuh dengan tidak normal karena lengannya pendek. Saat masih duduk di bangku SMP, tingginya hanya 106 cm.

DiDonato sangat ingin tubuhnya dapat tumbuh layaknya perempuan normal lain. Ia pun bertekad menjalani operasi ekstrim untuk memanjangkan lengannya, yaitu dengan cara memecah tulang dan memaksanya tumbuh kembali.

Organisasi bernama The Little People of America sebenarnya tidak mendukung prosedur yang dijalani DiDonato karena berisiko. Seorang pasien yang pernah menjalani operasi serupa, Reza Garakani yang juga terlahir dengan dwarfisme menyesal telah melakukan operasi tersebut. Ketika itu usianya 12 tahun.

"Saya tidak ingin menjalani prosedur menyakitkan yang, dalam pikiran saya, saya khawatir, bagaimana jika gagal. Untuk menambah tinggi beberapa cm, saya tidak ingin merusak hidup saya, saya merasa senang dengan diri saya," kata Garakani seperti dilansir ABC News, Senin (3/12/2012).

Memang operasi yang dijalani Garakani berbuah bencana, karena justru membuatnya lumpuh. Jika awalnya hanya pendek, Garakani masih bisa berjalan-jalan dan bermain olahraga. Kini ia malah tidak bisa melakukan apa yang dulu bisa ia lakukan.

Namun DiDonato tetap bertekad menjalani operasinya. Ia melakukannya pertama kali saat usianya 8 tahun dan berhasil memanjangkan lengannya sepanjang 10 cm. Ia memutuskan untuk menjalani operasi lagi saat berusia 15 tahun, padahal dokter mewanti-wanti bahwa panjang 10 cm sudah maksimum. Walau demikian, keputusan DiDonato didukung oleh ibundanya tercinta.

"Ini semua tentang kemandirian, melakukan sesuatu sendiri, menyikat rambutnya sendiri. Ketakutan terbesar saya adalah ia jadi tergantung pada orang lain untuk merawat diri sendiri. Gerry (Ayahnya) dan saya tidak akan menemaninya selamanya," kata sang ibu, Robin DiDonato.

Setelah menjalani operasi kedua, Tiffanie DiDonato bertambah lagi tingginya 24 cm. Walau demikian, operasi yang dia jalani ini meninggalkan rasa nyeri yang sangat. Untuk membantunya melewati rasa sakit, DiDonato menulis jurnal.

"Saya jujur dengan diri sendiri, jika ingin mati, jika saya merasa seperti itulah yang ingin saya lakukan, maka saya menuliskannya. Jika Anda berjuang, jika Anda tahu apa pengorbanan dan Anda telah merasakan sedikit rasa sakit, itu membuat Anda jauh lebih berani. Itu membuat Anda sedikit lebih sadar," kata DiDonato.

DiDonato kini menikah dengan Eric Gabrielse, seorang marinir dengan tinggi badan sekitar 180 cm dan sudah memiliki momongan bayi laki-laki. Gabrielse sendiri mengaku bangga kepada DiDonato akan kemandirian dan keberaniannya.

http://health.detik.com/read/2012/12/03/115615/2107667/763/tak-ingin-jadi-cebol-wanita-ini-jalani-operasi-berbahaya?l771108bcj
Dedic Ahmad
Wanita Ini Jalani Operasi Berbahaya
By Pemulung News
Published: 2012-12-10T23:24:00-08:00
Wanita Ini Jalani Operasi Berbahaya
5.0 99 reviews
Wanita Ini Jalani Operasi Berbahaya
Posted by: Risalahati Dedic Ahmad Updated at: 23:24