Loading...

Kenali Diabetes Melitus Lebih Dekat

703302


[imagetag]



Saat ini, diabetes telah dianggap sebagai penyakit akibat gaya hidup di abad 21. Untuk itu sangat penting untuk mengetahui lebih dekat mengenai penyakit ini. Diabetes melitus adalah salah satu jenis diabetes. Seperti apa diabetes melitus, dan apakah perbedaannya dengan diabetes biasa? Health Me Up (30/11) membahasnya lebih lanjut.



Pertama-tama, diabetes melitus dan diabetes adalah hal yang sama. Hanya saja biasanya kita menyebut diabetes melitus sebagai 'diabetes' saja. Diabetes melitus adalah kondisi ketika glukosa pada darah dan tingkat gula darah tinggi. Dalam beberapa kasus pasien diabetes juga gagal memproduksi insulin yang membawa glukosa pada sel untuk membuat energi.



Terdapat dua jenis diabetes melitus, antara lain.



1. Diabetes melitus tipe 1



Diabetes tipe-1 adalah diabetes yang didapatkan dari keturunan. Penyakit ini dikarenakan keadaan tubuh yang bergantung pada insulin. Selain itu, diabetes jenis ini biasanya telah diketahui sejak masih kecil karena kurangnya produksi insulin dalam tubuh.



2. Diabetes melitus tipe-2



Diabetes tipe ini disebabkan oleh gaya hidup yang buruk seperti mengonsumsi makanan yang kurang sehat, gaya hidup menetap dan pasif, atau peningkatan berat badan. Diabetes jenis ini tidak disebabkan oleh kurangnya produksi insulin, namun oleh kurang efektifnya kinerja insulin dalam tubuh.



Diabetes melitus bisa menyebabkan banyak komplikasi kesehatan lainnya seperti kelainan pada mata, jantung, ginjal, kaki, serta kehamilan. Sejauh ini peneliti menemukan bahwa diet sehat serta melakukan gaya hidup yang aktif mampu mencegah diabetes melitus.



sumber

Dedic Ahmad
Kenali Diabetes Melitus Lebih Dekat
By Pemulung News
Published: 2013-02-26T09:22:00-08:00
Kenali Diabetes Melitus Lebih Dekat
5.0 99 reviews
Kenali Diabetes Melitus Lebih Dekat
Posted by: Risalahati Dedic Ahmad Updated at: 09:22