Loading...

Obat Jerawat dari Cangkang Hewan Laut


Apa hubungan antara udang, kepiting, dan kerang dengan kecantikan? Ternyata ketiga jenis makanan laut tersebut dapat membantu Anda mengusir jerawat. Namun, bukan dengan cara mengkonsumsinya. Tapi, cangkangnya bisa diolah menjadi jerawat.


Sebuah teknologi baru dikembangkan oleh tim peneliti dari Montefiore-Albert Einstein College of Medicine, Amerika Serikat. Mereka memanfaatkan nanopartikel dari hewan jenis crustacea. Partikelnya diketahui memiliki sifat antijerawat.

Studi yang diterbitkan dalam Journal of Investigative Dermatology ini menganalisis penemuan nanoteknologi yang memanfaatkan partikel-partikel sangat kecil pada udang, kerang dan kepiting. Peneliti menciptakan nanopartikel yang terbuat dari chitosan, ditemukan dalam cangkang udang, kepiting dan kerang, yang dapat menghancurkan bakteri P. acnes. Bakteri tersebut merupakan pemicu utama tumbuhnya jerawat.

Chitosan dari penelitian terbukti bisa mengurangi peradangan kulit akibat timbulnya jerawat. Senyawa ini sebelumnya telah digunakan sebagai pengawet dalam industri makanan karena sifat alami antimikroba. Dengan nanoteknologi tertentu, chitosan ternyata dapat juga digunakan untuk perawatan jerawat secara umum.

"Kami mencampurkan benzoyl peroxide di kitosan-alginat pada nanopartikel yang bertujuan untuk meningkatkan sifat antijerawat," kata penulis studi, Adam Friedman, dikutip dari Nanowerk.

Tak hanya untuk mengobati jerawat, peneliti percaya kalau chitosan juga bisa mengatasi infeksi kulit lainnya. Bisa jadi di kemudian hari, obat kulit dan jerawat yang Anda gunakan terdapat kandungan cangkang udang, kepiting, dan kerang.

http://life.viva.co.id/news/read/382135-dikembangkan--obat-jerawat-dari-cangkang-hewan-laut
Dedic Ahmad
Obat Jerawat dari Cangkang Hewan Laut
By Pemulung News
Published: 2013-01-15T09:11:00-08:00
Obat Jerawat dari Cangkang Hewan Laut
5.0 99 reviews
Obat Jerawat dari Cangkang Hewan Laut
Posted by: Risalahati Dedic Ahmad Updated at: 09:11