Loading...

Cara Atasi Pipi yang Mendadak Merah Merona


Pipi bersemu merah kadang bisa muncul secara tidak terduga ketika seseorang merasa malu atau kondisi lainnya. Hal ini tentu membuat orang tersebut jadi bertambah malu, tapi ada trik khusus untuk menghilangkannya.


Kondisi pipi memerah bisa dipicu oleh faktor fisik dan emosional yang kompleks, semua faktor ini merangsang sistem saraf simpatik yang mengaktifkan respons fight-to-flight dan menyebabkan pembuluh darah melebar sehingga membuat pipi merona merah.

Secara fisik hal ini bisa dipicu ketika tubuh terlalu panas yang dipengaruhi oleh lingkungan, setelah melakukan olahraga atau demam. Pipi yang memerah membantu mendinginkan suhu tubuh yang disalurkan melalui kulit.

"Ratusan pembuluh darah kecil seketika membuka dan membanjiri kulit dengan darah untuk mencegah terjadinya overheating," ujar Richard Fried, psikolog klinis dna dermatologi dari Yardley, seperti dikutip dari Foxnews, Kamis (29/11/2012).

Selain itu, pipi bersemu merah juga bisa disebabkan oleh faktor emosional seperti kecemasan, takut atau malu. Ketika ini terjadi, tubuh akan melepaskan hormon seperti epinefrin (adrenalin). Kondisi ini meningkatkan sirkuasi aliran darah ke wajah.

Pada kondisi tertentu, seseorang kadang lebih sering atau lebih mudah merona dibandingkan orang lain, ini kemungkinan pada beberapa orang memiliki lebih banyak pembuluh darah di wajahnya yang bisa membuka atau melebar.

"Setelah Anda merasa wajah menjadi panas dan merah, mungkin timbul malu yang membuat pipi lebih merona. Bahkan berpikir pipi memerah saja cukup membuat cemas yang bisa memicu kondisi medis takut merona atau disebut dengan erythro-phobia," ujar Fried.

Beberapa hal bisa dilakukan untuk mencegah kondisi pipi yang merona, seperti mengelola stres. Studi menunjukkan teknik relaksasi bisa merangsang saraf untuk tenang dan menurunkan tekanan darah yang berhubungan dengan kecemasan.

Setelah tubuh menjadi lebih tenang, minumlah air dingin yang dapat membantu mendinginkan tubuh dan menormalkan warna merah di pipi. Bisa juga dengan cara mengompres air dingin pada kulit wajah untuk menyempitkan pembuluh darah.

http://health.detik.com
Dedic Ahmad
Cara Atasi Pipi yang Mendadak Merah Merona
By Pemulung News
Published: 2012-12-03T06:52:00-08:00
Cara Atasi Pipi yang Mendadak Merah Merona
5.0 99 reviews
Cara Atasi Pipi yang Mendadak Merah Merona
Posted by: Risalahati Dedic Ahmad Updated at: 06:52