Loading...

Lipstik Mengandung Timah Picu Masalah Mental


Sebuah studi yang melibatkan 22 merek lipstik ternama menemukan bahwa 55 persen dari jumlah keseluruhan mengandung timah.

Menurut hasil pemeriksaan laboratorium, sebanyak 12 sampel produk yang dipakai untuk bibir yang diuji ternyata positif mengandung zat beracun dengan tingkat tertingginya sebesar 3,22 bagian per juta.

Mengomentari temuan tersebut, Dr Sean Palfrey, direktur medis Boston Lead Poisoning Prevention Program, memperingatkan bahwa timah tingkat rendah dapat menimbulkan risiko kesehatan yang serius. Termasuk, berpengaruh buruk pada kesehatan mental.

"Hal yang kami tahu saat ini adalah bahwa timah tingkat terendah dapat merugikan IQ, perilaku, dan kemampuan Anda untuk belajar," ujar Palfrey dikutip dari Daily Mail.

Doktor Halyna Breslawec yang merupakan kepala ilmuwan untuk produk perawatan pribadi mengungkap keracunan timah karena lipstik harus segera dihindari.

Saat ini, tidak ada peraturan standar dari badan pengawasan obat AS, Food and Drug Administration (FDA) mengenai batas kadar timah dalam lipstik. Semuanya diserahkan pada pabrik untuk memutuskan melakukan tes keamanan.

Timah biasanya tak sengaja dimasukkan ke dalam kandungan lipstik. Namun, banyak pewarna buatan yang mengandung zat aditif berbasis mineral dan mengandung timah alami yang biasa ditemukan di tanah, air, dan udara.

Janet Nudelman dari Campaign for Safe Cosmetics mengungkapkan, "Jelas bahwa setengah dari merek lipstik di pasaran mengandung timah, dan setengah darinya tidak mengandung timah. Hal tersebut membuktikan bahwa merupakan hal yang mungkin untuk memproduksi lipstik tanpa kandungan timah."

Penemuan terbaru menunjukkan kemajuan. Studi 2010 yang dilakukan oleh FDA menemukan bahwa tingkat timah tertinggi dalam lipstik adalah 7 bagian per juta. Sementara itu, penelitian lainnya yang dilakukan tahun ini mengungkap bahwa 400 warna dari merek lipstik populer mengandung timah.

Lipstik yang dibuat oleh beberapa perusahaan ternama dunia ada di daftar itu. Hal ini akan mendorong FDA untuk mengevaluasi apakah mereka harus merekomendasikan batasan atas kandungan timah yang aman.

http://life.viva.co.id
Dedic Ahmad
Lipstik Mengandung Timah Picu Masalah Mental
By Pemulung News
Published: 2012-12-04T07:54:00-08:00
Lipstik Mengandung Timah Picu Masalah Mental
5.0 99 reviews
Lipstik Mengandung Timah Picu Masalah Mental
Posted by: Risalahati Dedic Ahmad Updated at: 07:54