Loading...

4 Persembahan Jokowi Untuk Rakyat Kecil Di DKI Jakarta

432215


[imagetag] 

4 Persembahan Jokowi Untuk Rakyat Kecil di DKI Jakarta Sejak berkampanye dalam pemilihan Gubernur DKI Jakarta beberapa bulan lalu, Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi bertekad untuk berpihak terhadap rakyat kecil.

Alhasil, setelah ia ditetapkan sebagai orang nomor 1 di Jakarta, Jokowi tak melupakan janji-janjinya untuk memperbaiki taraf hidup rakyat kecil. Jokowi pun senantiasa membidik strategi agar rakyat kecil di Jakarta mendapatkan perlakuan yang sesuai sebagaimana mestinya.

Berikut adalah 4 persembahan Jokowi untuk rakyat kecil.

1. Naikkan UMP Tinggi

Akhirnya, Jokowi resmi mengumumkan Upah Minimum Provinsi (UMP) DKI Jakarta sebesar Rp 2.2 juta. Keputusan tersebut membuat sejumlah buruh bersorak riang. Bahkan, dalam waktu dekat ini, Gubernur DKI Jakarta tersebut akan memanggil Dedet Sukandar selaku Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DKI untuk membicarakan masalah ini. "Iya memanggil secepatnya. Sesegera mungkin. Kan disitu ada mekanismenya, penangguhan itu boleh karena ini dan ini. Itu kan ada aturannya semua." ujar Jokowi.

2. Rumah Untuk Buruh

Bagi kaum buruh kini tak perlu khawatir lagi memikirkan tempat tinggal yang layak untuk dihuni. Pasalnya, Jokowi tengah merencanakan program perumahan untuk buruh. Bahkan, Jokowi meminta Menpera agar segera menyelesaikan rumah untuk para buruh tersebut. "Tadi kami minta untuk yang perumahan untuk buruh dipercepat, dan beliau ternyata sudah siap semuanya. Ini tinggal dari kita, perizinan keluar langsung dimulai." tutur Jokowi.

3. Sulap Rumah Kampung

Jokowi berniat akan mengubah 40 rumah kampung yang terdapat di wilayah Jakarta. Satu kampung akan menelan biaya hingga Rp 40 miliar. Jokowi akan fokus menata kampung di Jakarta, sehingga Jakarta tidak kehilangan kampung karena terimbas sejumlah bangunan modern. Ada 3 kampung di Jakarta yang akan dibenahi oleh Jokowi yaitu kampung tekstil daerah Kebon Kacang (Jakarta Pusat), kampung panggung daerah Manggarai (Jakarta Selatan), dan kampung ikan daerah Penjaringan (Jakarta Utara).

4. Penataan PKL Elite

Salah satu keberpihakan Jokowi pada rakyat kecil adalah mendekati Pedagang Kaki Lima (PKL) untuk ditata ke arah yang lebih baik. Pertama, Jokowi akan menyambangi daerah Kota Tua yang menjadi lokasi PKL menjajakan barang dagangannya. Jokowi berencana menciptakan PKL elite di sekitar Museum Fatahillah, Kota Tua. Bahkan, Jokowi sampai menemui komandan PKL di Kota Tua yang memprotes rencana penggusuran lapak jualan mereka.

sumber
Dedic Ahmad
4 Persembahan Jokowi Untuk Rakyat Kecil Di DKI Jakarta
By Pemulung News
Published: 2013-02-08T04:24:00-08:00
4 Persembahan Jokowi Untuk Rakyat Kecil Di DKI Jakarta
5.0 99 reviews
4 Persembahan Jokowi Untuk Rakyat Kecil Di DKI Jakarta
Posted by: Risalahati Dedic Ahmad Updated at: 04:24