Loading...

Pelangi Terlangka

Ini merupakan sebuah momen langka dan mengagumkan, dimana sebuah pelangi berwarna putih menghiasi langit di Kutub Utara. Fenomena yang amat langka ini bernama busur kabut, dan berhasil diabadikan oleh Sam Dobson pada ekspedisi terbarunya ke Kutub Utara.





[imagetag]



Saat kapal pemecah es melaju melalui perairan yang dingin, Sam melihat sebuah pelangi melengkung, namun ia keheranan sebab pelangi itu benar-benar berwarna putih. Inilah yang membuat dia dengan segera meraih kamera untuk menagkap fenomena alam yang menakjubkan ini.



"Saat itu sekitar tengah malam, namun pada waktu-waktu ini setiap tahunnya, Kutub Utara masih diterangi cahaya . Awalnya itu hanya tampak seperti awan, tapi saat kita mendekat barulah menyadari bahwa itu adalah pelangi, namun warnanya putih." tutur pria Rusia berumur 51 tahun ini yang dikutip Mail Online.



"Aku tercengang dan kagum dengan keajaiban alam ini. Meskipun begitu terobsesi dengan fotografi, saya kadang-kadang lupa untuk menekan tombol kamera." tambahnya.

703302


[imagetag]

Sam telah bepergian dengan kapal pemecah es nuklir '50 years of Victory', yang merupakan terbesar dari jenisnya di dunia, dan berangkat dari kota Murmansk, Rusia.



Diketahui, busur kabut merupakan fenomena yang mirip dengan pelangi, namun berbeda dengan pelangi biasanya yang terjadi saat hujan, busur kabut ini muncul ketika cuaca berkabut. Dan karena kecilnya ukurannya tetesan air yang menyebabkan kabut (lebih kecil dari 0,05 milimeter), busur itu tampak sebagai pelangi berwarna putih.

 





Sumber

Dedic Ahmad
Pelangi Terlangka
By Pemulung News
Published: 2013-02-08T22:48:00-08:00
Pelangi Terlangka
5.0 99 reviews
Pelangi Terlangka
Posted by: Risalahati Dedic Ahmad Updated at: 22:48