Loading...

Fakta Unik Tentang Cincin Pertunangan Dan Cincin Kawin

432215


[imagetag]

Fakta Unik Tentang Cincin Pertunangan Dan Cincin Kawin Ternyata cincin pernikahan atau cincin tunangan tak hanya sebagai sebuah simbolik saja. Namun ada kisah dan cerita lucu dan juga unik. Bicara soal cincin pertunangan dan cincin pernikahan, ceritanya tentu berbeda-beda di setiap negara. Bahkan, ada lho cincin kawin yang justru dikenakan di jari kaki. Wah, lucu juga ya. Nah, baca keunikan-keunikan lainnya yuk.

Fakta Unik 1:

Di negara Amerika, Inggris, Prancis dan Kanada, cincin pertunangan dikenakan di jari manis tangan kiri. Mereka percaya bahwa di jari tersebut terdapat syaraf yang berhubungan langsung dengan hati. Sedangkan di negara seperti Jerman, India dan Norwegia, baik cincin pertunangan maupun cincin kawin dikenakan di jari tangan kanan.

Fakta Unik 2:

Sejak pecahnya perang dunia II, para pria populer melewati dua upacara, upacara pertunangan dan pernikahan. Di mana pada kedua upacara tersebut, pria diwajibkan memakai cincinnya. Kabarnya, kebiasaan ini berawal ketika jaman dahulu para pria berangkat ke medan perang. Mereka akan mengikat kekasihnya dengan cincin sehingga sepulang dari peperangan mereka dapat menikah.

Fakta Unik 3:

Kalau jaman dulu, sebenarnya cincin kawin bukan merupakan simbol cinta dan ikatan. Namun lebih kepada simbol bahwa sang mempelai pria mapan secara sosial.

Fakta Unik 4:

Menurut tradisi Hindu, cincin pertunangan atau cincin kawin tidak harus digunakan di jari tangan. Ada sebuah tradisi yang disebut dengan bichiya, yaitu pemasangan cincin di jari kaki sebagai lambang pertunangan.

Fakta unik 5:

Di Rumania, sebuah pernikahan dianggap sakral dan diharapkan langgeng. Sehingga untuk memperingati ulang tahun pernikahan ke 25, suami istri akan bertukar cincin kembali dengan cincin berbahan perak. Sedangkan bila usia pernikahannya telah mencapai 50 tahun, maka pasangan suami istri tersebut akan bertukar cincin yang terbuat dari emas sambil mengulangi janji nikahnya.

Fakta Unik 6:

Claddagh adalah cincin tradisional yang berasal dari Irlandia. Umumnya digunakan sebagai cincin pertunangan, cincin kawin atau bahkan cincin persahabatan saja. Bedanya, cincin ini memiliki desain yang berbeda-beda, yang akan memperlihatkan bahwa itu adalah cincin pertunangan, cincin kawin atau hanya persahabatan saja. Cincin ini pertama kali dibuat pada abad ke-17.

Fakta Unik 7:

Cincin pertunangan dan cincin kawin itu beda. Menurut tradisi di Amerika, cincin pertunangan memiliki batu permata yang ukurannya jauh lebih kecil ketimbang cincin kawin.

Fakta Unik 8:

Di Amerika, cincin pertunangan boleh diminta kembali apabila pertunangan gagal. Berbeda dengan di Inggris, di mana cincin pertunangan tidak bisa diminta kembali apabila mereka yang berinisiatif mengajak putus.

Fakta Unik 9:

Jika emas putih atau platinum dikatakan sebagai bahan cincin yang terbaik, tunggu sampai Anda bertemu palladium. Palladium sendiri adalah jenis mineral terbaik untuk membuat perhiasan mewah.

Fakta Unik 10:

Untuk membuktikan berlian cincin Anda asli atau tidak, jemur di bawah sinar matahari kemudian bawa ke tempat yang sangat gelap sekali. Apabila di dalam gelap berlian tersebut masih menyala selama beberapa detik, maka berlian tersebut asli dan kualitasnya bagus.

sumber

Dedic Ahmad
Fakta Unik Tentang Cincin Pertunangan Dan Cincin Kawin
By Pemulung News
Published: 2013-02-03T22:03:00-08:00
Fakta Unik Tentang Cincin Pertunangan Dan Cincin Kawin
5.0 99 reviews
Fakta Unik Tentang Cincin Pertunangan Dan Cincin Kawin
Posted by: Risalahati Dedic Ahmad Updated at: 22:03