Loading...

Cara Memulai Diet Harian yang Sukses


Menurut penelitian diet sebaiknya dimulai hari Senin. Dijelaskan dalam penelitian tersebut bahwa Senin adalah hari pertama dan awal dari setiap minggu, ini memengaruhi psikologis setiap orang untuk lebih termotivasi.


Nah, bila Anda ingin memulai diet dari hari ini, sebaiknya mulai perlahan. Gunakan trik mudah untuk mengubah pola makan sedikit demi sedikit. Berikut adalah tip harian yang bisa Anda coba agar tekad diet tetap kuat.

1. Buat catatan keberhasilan
Menurut sebuah penelitian lebih dari 4.000 orang yang berhasil dalam menurunkan 30 kilogram dan mampu membuat bobot tersebut bertahan selama satu tahun (tidak naik lagi) adalah mereka yang bobot tubuhnya turun secara perlahan namun konstan. Disarankan dari penelitian tersebut untuk membuat catatan keberhasilan Anda dalam menurunkan berat badan. Penting diketahui, yang terbaik adalah turun perlahan secara bertahap. Fokuslah pada keberhasilan mengurangi bobot atau mengendalikan nafsu makan bukan pada besarnya angka. Jika Anda fokus pada keberhasilan, maka Anda jadi tak mudah putus asa. Penurunan bobot tubuh yang dratis justru akan membahayakan kesehatan Anda.


2. Latihan mengecoh nafsu makan
Makan enam porsi kecil sehari untuk membantu mengendalikan nafsu makan sebenarnya tak cocok untuk semua orang. Sebab untuk sebagian orang ini justru akan merangsang mereka untuk tidak berhenti makan. Bila hal ini tak berhasil bagi Anda, cobalah metode lain. Untuk mengontrol makanan yang masuk sebaiknya Anda bisa mencoba makan hanya tiga kali sehari (jangan ada yang terlewat) tanpa mengudap. Makanlah hanya pada waktu makan dengan memastikan seluruh nutrisi dipenuhi.  Sayur, buah, protein, lemak, karbohidrat semuanya harus ada dalam tiap kali Anda makan.

3. Bikin grup bugar
Sebuah sistem pendukung yang baik dapat membantu Anda membuat keputusan yang lebih baik dalam urusan diet. Sebuah penelitian baru menemukan bahwa orang yang mendapat dukungan melalui tatap muka atau pertemuan dengan seorang konselor lebih berhasil menurunkan berat badan ketimbang yang tidak. Banyak situs online yang bisa Anda pilih untuk bergabung.

4. Tidur 8 jam
Tidur yang cukup akan menurunkan tingkat hormon leptin. Hormon yang  dapat meningkatkan nafsu makan dan mengurangi kemampuan Anda untuk membakar kalori. Untuk menurunkan atau menjaga berat badan, ada sebuah zona tidur ideal sekitar delapan jam setiap malam. Menurut National Sleep Foundation, 71 persen diperkirakan orang tidur kurang dari jumlah tersebut pada hari kerja. Jika Anda mengalami masalah kesulitan tidur, mulailah melakukan ritual yang membantu Anda rileks.

5. Jangan mengekang diri
Jangan menolak makanan yang menggoda Anda seperti es krim cokelat. Sebab semakin Anda berusaha keras menolaknya , justru keinginan untuk makan makin kuat. Terdengar mudah, namun dalam beberapa penelitian membuktikan, orang-orang yang benar-benar mengikuti metode ini mengalami kesulitan. Cara yang terkenal efektif adalah dengan mengurangi eksposur pada makanan ini. Sebaiknya jangan sediakan di rumah. Penuhi makanan di rumah dengan buah-buahan dan makanan rendah lemak.

Dedic Ahmad
Cara Memulai Diet Harian yang Sukses
By Pemulung News
Published: 2012-11-19T23:56:00-08:00
Cara Memulai Diet Harian yang Sukses
5.0 99 reviews
Cara Memulai Diet Harian yang Sukses
Posted by: Risalahati Dedic Ahmad Updated at: 23:56