Loading...

ane bongkar juga kecurangan Di Indomaret


Inilah kisah saya dengan SI DOMAR....


keterangan :
harga beda : beda harga antara price tag dengan POS (Point Of Sales) kasir
Indomaret A : IDM A
Indomaret B : IDM B
Indomaret C : IDM C
IDM A,B,C, D adalah gerai yang berbeda tempat namun, masih dalam satu kota

Ini yang kesekian kalinya ane belanja di IDM, tapi akhir" ini ane kurang nyaman dengan apa yg dilakukan IDM, terutama kepada pelanggannya, why? cekidot cerita ane gan!!!

TKP IDM A :
Spoilerfor :
TKP IDM A ; ane belanja di tempat itu, sengaja cuma 1 item, tentunya ane udah pastiin price tag ama brg yg dibeli, adalah sama, sampai di kasih nah lho kok harganya beda selisih sampai 1000 rupiah, dalam hati ane kayaknya salah lihat deh harganya, okelah nextime lebih cermat aja..(masih prasangka baik, mungkin ane yg kurang teliti)

TKP IDM B :
Spoilerfor :
TKP IDM B ; seperti bisa sebelum belanja ane pastiin price tagnya, ama barang cocok, nah kebetulan ada tag promo disamping tag harga, cuma ada tulisan beli 1 gratis 1 tapi ada yg aneh gambar promonya ( 1 botol + 1 botol = 1botol ) sejenak ane pikir yg bener mana nih , kalo semua pasti setuju kalo yg dimaksud adalah beli 2 gratis 1 ya gak coz gambarnya gitu, tapi kenapa tulisan promo tagnya beli satu gratis satu, okelah mungkin yg bener adalah tulisan promo tag, akhirnya ane beli 1 botol dengan harapan dapet gratis 1, ternyata sampai kasir..eng ing..eng, gak dpt gratis oooaaalaaahhh, kecewa.


TKP IDM C :
Spoilerfor :
TKP IDM C ; week end bisanya paling banyak pengunjungnya, tapi ada yang aneh pas ane beli disana, ada beberapa barang yg tidak ada price tagnya, ane pikir ooo mungkin lagi di print harga baru kali (note: h-1 ane kesana masih inget item yg ane beli masih tercantum harganya), okelah ane beli brg yg sama seperti kemaren, kali ini tanpa ada price tag disana, apa yg terjadi sampai kasir? ternyata sampai sana harganya lebih mahal dari kemaren, selisih diatas 500 rupiah, hal ini (item barang tanpa price tag) berlangsung selama lebih dari 2hari ( apa iya cuma print price tag, butuh waktu selama itu).


TKP IDM D :
Spoilerfor :
TKP IDM D ; kejadian persis ada di TKP IDM A, kali ini karena ane lagi badmood, (tentunya masih dengan asumsi ane orangnya teliti-baca TKP A), sampai di kasih ternyata harganya beda lagi ama yg di price tag, apesnya ane bw duit pass lagi, wah kalu gitu kurang nih bayarnya (dalem hati), langsung aja ane nyeletuk "mbak kok harganya beda ama label harga di rak-nya" kaget kyknya tu kasir, eee malah tanya temen kasir satunya?, sambil ngomong sendiri "mungkin ada potongan, ya..sambil cek depan mesin kasir..."oooya mas ada potongan xxx rupiah" ngomong dengan entengnya dengan pasang muka gak bersalah.....ane langsung cabut.


TKP IDM AtoD :
Spoilerfor :
TKP IDM A tapi pakai trik di TKP IDM D ; ane masih penasaran, mungkin lg error mesin di kasir, okelah ane praktek in di IDM A (baca kasus IDM A), apa yg terjadi terjadilah, hasilnya adalah sama persis dengan kejadian IDM D, price tag ama harga di POS kasir (point of sales) beda...B.E.D.A, seperti biasa ane pakai trik di IDM D , tapi kali ini kasirnya langsung lihat ke rak-harganya and ternyata harganya memang ane yg bener.


ANALISIS :

Spoilerfor :
1. Bagaimana mungkin sistem POS (point of sales) antara satu gerai dengan gerai lain bisa salah semua (dalam kasus ini POS tidak otomatis mengurangkan adanya diskon item tertentu), dengan demikian buyerlah yg dirugikan coz kalo ente gak protes adanya beda price tag ama item, kasir gak bakalan nge-cek manual ke sistem. sistem/human IDM yg error atau memang sengaja "dibuat" demikian,dengan jargon "MURAH dan HEMAT".

2. Item yg dibiarkan kosong price tagnya sampai beberapa hari adalah tidak wajar (menurut ane), ini adalah trik yg digunakan IDM untuk mendapat kan keuntungan sesaat denga jumlah besar, dengan memanfaatkan even dimana pengunjung biasanya paling banyak (weekend), mereka dengan mudahnya menyeting harga, dengan posisi buyer yg "pasrah" ketika mereka tidak tau harga brg yg mereka beli. (dalam pikiran mereka pasti me-refers, ke harga kemarin tapi apa daya sampai kasir mereka harus membayar lebih, dan tulah yg ane alami)

3. Banyak promo yg menyesatkan di IDM (baca : kasus IDM B), belum lagi kalo di kombinasikan dengan trik "harga beda" ala IDM = menjanjikan keuntungan besat dalam waktu singkat, apalagi dengan jumlah gerainya sampai 6.000, coba anda bayangkan selisih "beda harga" 1.000 rupiah saja untuk 1 item barang dalam sehari bisa dapat "duit kaget" = 1.000 rupiah x 6.000 gerai = 6.000.000/item/gerai/hari.

4. Alasan tidak masuk akal ; dalam kasus IDM D, dengan entengnya kasir ngomong, "potongan belum di kurangkan", ane gak yakin orang yg belanja di belakang antrian ane dapet "perlakuan" yg sama (pengurangan harga dari potongan yg belum dimasukkan).

5. Penempelan price tag tidak pada tempatnya ; ini yg membuat buyer "tertipu" dengan harga murah, apalagi yg beli dalam jumlah banyak tidak akan ingat dengan price tagnya satu-persatu.


TIPS BELANJA DI IDM :

Spoilerfor :
1. Pastikan anda teliti sebelum membeli item (cek price tag = item), kalo perlu catat pakai note (pakai hp/smatphone)

2. Pastikan punya nyali untuk menegur kasir apabila merasa ada yang aneh dengan price tag yang tidak sama dengan item atau anda akan menjadi bulan"an IDM

3. Jika kurang puas dengan silakan buat SURAT TERBUKA.

http://iniunic.blogspot.com/2013/01/akhirnya-ane-bongkar-juga-kecurangan.html#ixzz2HT4HTE4C
Dedic Ahmad
ane bongkar juga kecurangan Di Indomaret
By Pemulung News
Published: 2013-01-09T01:12:00-08:00
ane bongkar juga kecurangan Di Indomaret
5.0 99 reviews
ane bongkar juga kecurangan Di Indomaret
Posted by: Risalahati Dedic Ahmad Updated at: 01:12