Loading...

Benda Sehari-hari yang Bisa Bikin Anak Cepat Puber


'Anak sekarang cepat gede ya'. Ungkapan itu sepertinya sudah biasa diucapkan oleh orang tua zaman sekarang. Dibandingkan zaman dahulu, penelitian menunjukkan anak-anak sekarang cenderung puber lebih cepat. Salah satu faktornya adalah paparan bahan kimia dari benda-benda yang dipakai sehari-hari.


Secara umum, tanda awal pubertas yang normal mulai muncul pada anak perempuan pada usia 8-13 tahun, sedangkan pada anak laki-laki pada usia 9-14 tahun.

Bila tanda seksual sekunder pada anak perempuan muncul sebelum usia 8 tahun dan anak laki-laki sebelum usia 9 tahun, hal itu disebut pubertas prekoks atau pubertas dini. Pada anak perempuan, tanda awal pubertas ditandai dengan pembesaran payudara, sedangkan pada anak laki-laki pembesaran testis.

Ada berbagai faktor penyebabnya. Penelitian telah membuktikan bahwa racun dari lingkungan dapat mempengaruhi hormon dan menyebabkan pubertas prekoks atau pubertas dini. Parahnya, zat-zat kimia tersebut juga banyak terdapat pada benda yang sering digunakan sehari-hari.

"Bahan kimia bisa juga (menyebabkan pubertas dini) kalau mempengaruhi otak dan hormonnya terganggu," jelas dr Aditya Suryansyah Semendawai, Sp.A, Studi yang dilakukan Dr Maria Wolff dan rekannya dari Mount Sinai School of Medicine, menemukan bahwa efek bahan kimia tertentu yang ditemukan dalam berbagai macam produk sehari-hari, seperti cat kuku, kosmetik, parfum, lotion dan shampoo, menunjukkan hubungan langsung dengan pertumbuhan dini payudara dan pengembangan rambut kemaluan pada anak perempuan.

Selain itu, studi terbaru yang dilakukan American Academy of Pediatrics (AAP) anak laki-laki sekarang lebih cepat puber jika dibanding beberapa dekade lalu. Menurut studi tersebut, pestisida dan bisphenol A (BPA) atau bahan kimia yang umum digunakan untuk membuat botol plastik, kaleng pembungkus makanan dan struk belanja, ditengarai memiliki pengaruh.

Namun dr Adit menegaskan, tidak semua pubertas dini terjadi karena bahan kimia. Nyatanya, di Indonesia pubertas dini banyak terjadi karena adanya penyakit tertentu.

"Pubertas dini pada anak perempuan biasanya lebih sering disebabkan karena gangguan di sentral, hormon di otaknya yaitu di hipotalamus dan hipofise, sedangkan pada anak laki-laki karena tumor," ujar dokter spesialis anak yang berpraktik di RSAB Harapan Kita Jakarta ini.

http://www.menjelma.com/2013/01/benda-sehari-hari-yang-bisa-bikin-anak.html
Dedic Ahmad
Benda Sehari-hari yang Bisa Bikin Anak Cepat Puber
By Pemulung News
Published: 2013-01-06T09:23:00-08:00
Benda Sehari-hari yang Bisa Bikin Anak Cepat Puber
5.0 99 reviews
Benda Sehari-hari yang Bisa Bikin Anak Cepat Puber
Posted by: Risalahati Dedic Ahmad Updated at: 09:23