Loading...

Pacaran Bertahun-tahun Tapi Ragu Menikah di 2013? Ini Solusinya


Setiap pasangan yang menjalin hubungan serius pasti ingin berakhir di pelaminan. Tidak sedikit pula yang sudah merencanakan pernikahan di tahun 2013. Sebelum menjalani rumah tangga, sebaiknya pikirkan kembali apakah dia memang pasangan yang terbaik untuk Anda?


Banyak wanita yang ingin menikah karena sudah bertahun-tahun menjalin hubungan asmara. Mereka akhirnya memilih menikah supaya tidak bosan dan pasangan tidak selingkuh dengan yang lain. Namun pernikahan sebenarnya bukan jawabannya. Anda perlu memperhatikan faktor lain yang akan mempengaruhi masa depan keluarga.

Psikolog Klinis Dewasa dan Anak, Rosdiana Setyaningrum menuturkan, beberapa pasangan memilih menikah karena terlalu lama pacaran dan tidak berani memutuskan hubungan padahal sudah tidak cocok. "Lihat kecocokannya ya, itu dulu deh satu, kadang karena kita nggak pede (percaya diri) saja buat putus. (Karena) sudah kelamaan ya sudah deh dia saja padahal belum tentu dia," ungkapnya kepada wolipop awal Desember kemarin usai workshop kampus di Universitas Indonesia, Depok.

Wanita akrab disapa Diana itu menyarankan agar Anda sebaiknya mengevaluasi kembali hubungan dengan pasangan karena menikah belum tentu menjadi jalan keluar. Membangun rumah tangga merupakan langkah selanjutnya dari jalinan cinta yang sudah serius bukan sebuah solusi. Jadi, pertimbangkan matang-matang kecocokkan kalian baru merencanakan pernikahan bila sudah yakin satu sama lain.

Selain mempertimbangkan kecocokkan, yang juga tidak boleh dilupakan adalah menanyakan harapan pasangan kepada Anda. Begitu juga sebaliknya, Anda harus memberitahukan semua mimpi bersama kekasih k edepannya. Bila Anda yakin bahwa dia adalah orang yang dicari selama ini dan pasangan pun merasa demikian baru pikirkan pernikahan. Ingat, pernikahan bukanlah sesuatu yang sepele makanya harus dipertimbangkan sebaik-baiknya.

"Jadi, kita lihat kita memang cocok nggak sama dia, mau nikah nggak sama dia? Kalau memang cocok mau nikah ya nikahlah, tapi nikah itu bukan solusi. Mendingan di review saja maunya apa," jelas psikolog lulusan Psikologi Universitas Indonesia itu.

Diana menambahkan, daripada memutuskan langsung menikah karena sudah pacaran lama dan takut diselingkuhi, lebih baik mencari cara mewarnai hubungan sampai Anda berdua benar-benar siap menikah. Carilah sesuatu yang kalian senangi atau beragam aktivitas baru supaya 'ikatannya' tetap terjaga.

"Mungkin sparkle-nya harus dijaga kali ya, tetap melakukan hal yang disenangi berdua, tetap pakai suprise kecil berdua, pokoknya sparkle-nya harus tetap dijaga," saran Diana diakhir pembicaraan.

 http://iniunic.blogspot.com/2013/01/resolusi-cinta-2013-pacaran-bertahun.html#ixzz2HT59bxge
Dedic Ahmad
Pacaran Bertahun-tahun Tapi Ragu Menikah di 2013? Ini Solusinya
By Pemulung News
Published: 2013-01-09T01:15:00-08:00
Pacaran Bertahun-tahun Tapi Ragu Menikah di 2013? Ini Solusinya
5.0 99 reviews
Pacaran Bertahun-tahun Tapi Ragu Menikah di 2013? Ini Solusinya
Posted by: Risalahati Dedic Ahmad Updated at: 01:15